February 24, 2010

E: usr/bin/dpkg returned an error code (1)


Saya sempat menemui error semacam ini sewaktu saya sedang belajar menggunakan Linux, khususnya ubuntu.

dan terjadi di ubuntu 9.10 karmic koala, pesan errornya adalah E: usr/bin/dpkg returned an error code (1)

 
Setelah googling dan berusaha mencari sendiri, akhirnya saya menyerah dan tidak tau harus diapain tuh error.
akhirnya saya buat thread di kaskus dan ini linknya http://www.kaskus.us/showthread.php?t=3106282 lumayan ada yang balas juga disana, tetapi tetap tidak berhasil saya coba.

Error ini terjadi setelah saya menginstall GUI untuk Smart evdo saya, saya malas untuk setiap akan konek internet harus melakukan perintah sudo usb_modemswitch, dan sudo wvdialini di terminal, saya penasaran akan tampilan dari GUI dari smart evdo zte untuk ubuntu.

Saya sudah mencoba untuk memperbaiki dengan melakukan perintah-perintah yang saya tidak mengerti artinya, saya hanya mengikuti apa kata mbah google, hanya mengikuti dari blog-blog orang yang mengalami kejadian yang sama dengan saya. Dampak dari error ini cukup merepotkan, karena saya tidak bisa menginstall atau pun meremove program-program yang ada, dan muncul pesan seperti ini:

 

 
Dengan pengalaman minim saya, saya beranggapan kalau error ini disebabkan oleh gagalnya package ztemevdo dan saya bermaksud untuk menghapus semua yang berembel-embel ztemevdo, setelah sebelumnya melakukan update dan ternyata tidak membuahkan hasil.
sudo apt-get upgrade
muncul pesan error ini :

Errors were encountered while processing:
ztemtevdo
E: Sub-process /usr/bin/dpkg returned an error code (1)

dah saya coba :

apt-get upgrade
apt-get install -f
apt-get remove ztemtevdo
apt-get autoremove
 
dari synaptic juga saya coba fix package
di masing2 direktori yang tercantum di package ztemtevdo juga sudah saya hapus. tetapi tetap tidak membuahkan hasil, ternyata saya masih harus banyak sekali belajar.

 
 
dan direktori beserta isinya ini lah yang saya hapus
 
Tetapi tetap tidak membuahkan hasil, karena saya ingin sekali belajar linux, saya tidak pernah patah arang, tetapi karena memang saya orangnya tidak sabaran, akhirnya saya melakukan langkah terkahir untuk memperbaiki Linux Ubuntu 9.10 itu, dan langkah terakhir itu adalah INSTALL ULANG. hihihii...

Gembel

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation.

0 comments:

 

Copyright @ 2013 Gembel-IT.

Designed by Templateiy & CollegeTalks