January 7, 2010

Sekilas Tentang Bandwidth


Bagi sobat-sobat yang sering berkutat didepan PC dengan koneksi Internet pasti sering dengar istilah Bandwidth, apalagi yang paket internetnya berkuota, alias tidak unlimited, pasti kalau mau mendownload sesuatu mikir-mikir dulu deh :D hehe..

nah sekarang apa sih sebenarnya bandwidth itu ?
sekarang saya akan mencoba menjelaskan apa itu bandwidth, Sebelumnya bahan-bahan postingan ini saya search dari Internet, hehe...

Kalau menurut Wikipedia ini Pengertian dari bandwidth :

Bandwidth adalah luas atau lebar cakupan frekuensi yang digunakan oleh sinyal dalam medium transmisi. Dalam kerangka ini, Bandwidth dapat diartikan sebagai perbedaan antara komponen sinyal frekuensi tinggi dan sinyal frekuensi rendah. frekuensi sinyal diukur dalam satuan Hertz. sinyal suara tipikal mempunyai Bandwidth sekitar 3 kHz, analog TV broadcast (TV) mempunyai Bandwidth sekitar 6 MHz. Bandwidth diartikan juga sebagai takaran jarak frekuensi. Dalam bahasa mudahnya, adalah sebuah takaran lalu lintas data yang masuk dan yang keluar. Dalam dunia hosting, kita di berikan jatah Bandwidth setiap bulan tergantung
seberapa dalam kita merogoh kocek. Habisnya Bandwidth ditentukan seberapa banyak kita mengupload atau
mendownload. Makin banyak anda melakukan aktivitas upload, ditambah makin banyaknya pengunjung yang mengakses, maka makin berkurang jatah Bandwidth yang diberikan. Misalkan, www.namasitus.com diberi jatah Bandwidth sebesar 1,5 Giga dalam sebulan. Dan sudah sejak bulan Desember rasanya jatah Bandwidth yang diberikan kurang. Pada bulan Desember, jatah Bandwidth habis sehari sebelum tahun baru. Dan berturut-turut bulan Januari, Februari, Maret dan April habis dalam 3 minggu. Otomatis, dalam seminggu terakhir www.namasitus.net tidak bisa diakses.

bingung khan? sama kalo gt, hehe..

Nah kalau dari forum Kaskus saya dapet info ini nih gan :D hehe..
  • Bandwith adalah besaran lalu lintas data yang diperbolehkan melalui website anda ke seluruh internet. Besaran bandwidth yang bisa disediakan perusahaan hosting ditentukan oleh koneksi jaringan mereka, baik yang melalui internal data center mereka maupun ke eksternal yaitu internet publik.
  • Bandwidth besaran transfer data yang diperbolehkan dalam suatu paket hosting. Misalnya anda memiliki halaman web sebesar 48KB, maka setiap pengunjung halaman web anda yang membuka halaman tersebut akan mengunduh/download informasi/data sebesar 48 KB ke komputer mereka. Jika ada 100 pengunjung ke halaman tersebut maka telah terjadi transfer data sebesar 4800 KB dari server dimana file anda berada ke komputer pengunjung. Jadi Bandwidth adalah istilah yang digunakan untuk menunjukkan besaran data yang telah ditransfer keluar dari kuota space hosting anda.
 Nah dapet kesimpulan, dari kesimpulan diatas ternyata saya baru tahu bahwa bandwith itu bukan sekedar "ah, mo download sayang nih, kuota bandwith gw tinggal 500MB" hehe...

nah kalau bandwith juga dibagi macam-macam istilahnya sob,

Bandwidth Komputer
Bandwidth Komputer Di dalam jaringan Komputer, Bandwidth sering digunakan sebagai suatu sinonim untuk data transfer rate yaitu jumlah data yang dapat dibawa dari sebuah titik ke titik lain dalam jangka waktu tertentu (pada umumnya dalam detik). Jenis Bandwidth ini biasanya diukur dalam bps (bits per second). Adakalanya juga dinyatakan dalam Bps (bytes per second). Suatu modem yang bekerja pada 57,600 bps mempunyai Bandwidth dua kali lebih besar dari modem yang bekerja pada 28,800 bps. Secara umum, koneksi dengan Bandwidth yang besar/tinggi memungkinkan pengiriman informasi yang besar seperti pengiriman gambar/images dalam video presentation.

kalau yang diatas ini seperti speed Inet kita dirumah :)

Analog Bandwidth

Sedangkan analog Bandwidth adalah perbedaan antara frekuensi terendah dengan frekuensi tertinggi dalam sebuah rentang frekuensi yang diukur dalam satuan Hertz (Hz) atau siklus per detik, yang menentukan berapa banyak informasi yang bisa ditransimisikan dalam satu saat.

Gembel

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation.

2 comments:

ina said...

hihihihi kakag... dah kek Guru TKJ ina dulu ajah...
ngomongin bandwidht :)). Nice Artikel kakag :)


Kag, ina minta bantuan yach,, Vote Disini
Pilih Nafsul Muthmainah | http://inamuth2.blogspot.com
thanks before :)

Unknown said...

hihihi.. saya juga masih belajar koq kak :)
siip2 saya vote deh :D

 

Copyright @ 2013 Gembel-IT.

Designed by Templateiy & CollegeTalks