September 14, 2009

Apa itu OOP

OOP apaan tuh ? bagi kebanyakan orang, udah pada tau dan mengerti apa itu OOP, tapi ada juga yang belum tau, seperti saya ini,, oleh karena itu saya akan mencoba membahas sedikit tentang OOP, karena saya juga gak begitu paham betul apa itu OOP. mari kita bahas bersama apa itu OOP.

OOP adalah kepanjangan dari Objek Oriented Programming, atau lebih dikenal sebagai Pemrograman berorientasi objek, Di Universitas Gunadarma saya mendapatkan mata kuliah OOP dengan menggunakan bahasa pemrograman C dan C++, dan sekarang sedang menggunakan Bahasa pemrograman JAVA.

OK, balik lagi ke OOP, OOP merupakan suatu bentuk pemrograman yg memodelkan masalah dengan pendekatan objek, jadi OOP berbeda dengan Procedural language. Kalau dalam buku An Introduction to Object Oriented Programming, Timothy Budd mengutip karakteristik fundamental OOP dari Alan Kay (bapak OOP), sebagai berikut :

1. semua adalah objek
2. Komputasi dilakukan dengan komunikasi antarobjek.
3. Setiap objek memilii memori sendiri, yang dapat terdiri dari onjek-objek lainnya.
4. suatu objek adalah wakil dari representasi dari suatu kelas.
5. kelas merupakan kumpulan tingkah laky yang berkaitan dengan suatu objek.
6. kelas-kelas diorganisasikan kedalam sturktur pohon yang berakar tunggal, dinamakan jenjang pewarisan (inheritance hierarchy)

Sifat kelas pada tinggat tertinggi terbawa hingga kekkelas pada tingkatan yang paling rendah, yang menunjukkan konsep pewarisan atau inheritance. dengan mengistruksikan tugas khusus dan terbatas pada setiap objek, programmer dapat memecah masalah pemrograman menjadi bagian-bagian kecil sehingga dapat mengatasi masalah kompleksitas permasalahan dengan lebih mudah. Setiap objek pada umumnya memiliki tiga sifat, yaitu :

keadaan, operasi, dan identitas objek. sebuah objek dapat menyimpan informasi sebagai hasil operasi sebelumnya, informasi tersebut menentukan bagaimana objek melakukan operasi selanjutnya,. Koleksi dari seluruh informasi yang dimiliki objek pada suatu saat merupakan keadaaan objek pada saat itu. Informasi tersebut pada akhirnya memberikan identitas khusus yang membedakan suatu objek dengan objek lainnya.

sumber : buku Dari pascal ke Java

Gembel

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation.

0 comments:

 

Copyright @ 2013 Gembel-IT.

Designed by Templateiy & CollegeTalks