September 11, 2009

10 Karakteristik Java

Berikut ini saya ketikkan dari buku yg saya baca untuk sobat sekalian, walaupun saya tau kalo sobat2 sekalian udah pada tau ttg java, dan banyak yg master2 java berkeliaran,, kalo saya baru belajar sekarang, itu juga karena di semester ini baru dapet java :D hihii...

ok mari kita mulai :D

1. Sederhana
(biasanya kalo cewe ditanyain, "kamu suka cowo yg gmana? " kebanyakan bilang "sederhana" hihi), maaf OOT dikit :P
Kenapa saya bilang java bersifat sederhana ? karena sintaks java itu sendiri banyak mengambil dari C++, namun jauh lebih sederhana. File Header (*.h) dihilangkan, aritmetik Pointer dihilangkan juga, structure, union, operator overloading, dst tidak diimplimentasikan di Java. Aspek lain dari kesederhanaan ini adalah ukurannya yg kecil. salah satu tujuan Java dibuat adalah memungkinkan java berjalan pada mesin kecil (bukan mesin motor ber CC kecil ya, hehe.. jayus bgt gw), Ukuran dasar dari Interpreter dan kelas-kelas pendukungnya hanya berkisar 40kb. penambahan Library dasar standar hanya 175kb, sederhana bukan ?

2. Terdistribusi
Library untuk protokol TCP/IP seperti HTTP dan FTP sangat mudah digunakan. Penggunaan Socket dan ClientSocket begitu mudah, sehingga mendukung produktivitas. hal ini memungkinkan untuk membangun sistem yang terdistribusi.

3. Andal
Eliminasi aritmetik pointer (waduh bahasanya bikin mumet) menyebabkan aplikasi yang dihasilkan lebih handal. Coba sobat bandingkan dengan Programmer C/C++ yg sangat mungkin membuat kesalah dalam pengaksesan pointer maupun kebcoran memori karena lalai dalam mendealokasikan memori.

4. Aman
Java dimaksudkan untuk digunakan pada lingkungan terdistribusi atau dalam jaringan. untuk memenuhi tujuan tersebut, berbagai aturan telah diimplementasikan untuk mendukung kemananan. Diantaranya adalah deteksi Virus pada byte code yg dihasilkan.
Sebuah program java tidak bisa menghabiskan stack run time, seperti yg biasa dilakukan internet worm, memori diluar process space juga tidak akan dibuat corrupt olehnya. pada beberapa browser, sebuah program java bahkan dilarang membaca lokal file.

5. Netral
Java compiler menghasilkan format file obyek yg netral, hasil kompilasinya berjalan pada banyak processor, selama ada java runtime. byte code'a dirancang agar bisa dengan mudah diinterpretasikan disen\mbarang mesin dan mudah diterjemahkan kedalam native code pada saat runtime.

6. Mudah dipindah
Implementasi ukuran di Java selalu 32 bit. bandingkan dengan C/C++ yg terkadang 16 bit dan terkadang 32 bit, tergantung vendornya, semboyan di Java adalah, "WRITE ONE, RUN EVERYWHERE"

7. Interpreter
kode program java dicompile menjadi byte code untuk diinterpretasikan oleh java run time pada masing-masing mesin.

8. Kinerja Tinggi
Ada banyak cara untuk melakukan tuning untuk membuat kinerja java jauh meningkat. ada aplikasi yang mengubah byte code menjadi native code sehingga dapat dijalankan dengan kinerja yg tinggi. proses intrepretasi byte code java masih lebih cepat sedikit dibandingkan dengan keceatan VB (visual basic) pada saat awal java diluncurkan. Namun tampaknya masih kalah cepat dibandingkan dengan kecepatan yg dihasilkan oleh native C.

9. Multithreading
Java mendukung multithreading, yg artinya kemampuan sebuah program untuk melakukan lebih dari satu proses pada satu waktu. proses pembuatan thread sangat mudah, mirip sekali dengan thread pada object pascal, seperti di Borland Delphi.

10. Dinamis
Java dirancang untuk beradaptasi dengan lingkungan yang terus berubah, dan library dapat dengan bebas menambah methd dan variabel tanpa berefek pada client.

Sekian dan terimakasih.

Gembel

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation.

0 comments:

 

Copyright @ 2013 Gembel-IT.

Designed by Templateiy & CollegeTalks